Our Partner :
News & Gallery
Post date : 28 Feb 2014

Jakarta -Selama ini mungkin banyak yang tidak mengetahui ternyata pelumas mesin (oli) itu memiliki perbedaan kategori yang terbagi dalam 5 group. Bahkan tidak sedikit dari pengendara hanya mempercayakan oli mesin kendaraan hanya berdasarkan merek tertentu.

Nah kali ini produsen oli lokal Penzstar memberikan bocoran perbedaan pelumas yang ada dipasaran, dan bisa menjadi pilihan untuk mesin kendaraan kesayangan Otolovers.

"Saat ini semua pelumas di Indonesia itu belum ada syarat untuk yang mengharuskan SNI, meski baru nanti baru akan mengarah kesana," kata Direktur Utama PT. Penzstar Panca Persada, Teddy Harijono, sebagai produsen pelumas buatan Indonesia Penzstar, di JW Marriot Kuningan, Jakarta.

Nah untuk mengetahui jenis-jenis pelumas, yuk kita simak yang satu ini.

1. Pelumas Group I

Pelumas group 1 memiliki bahan material dari Mineral Base oil, dimana pelumas hanya menggunakan mineral base oil sebagai bahannya, dan ini biasanya berwarna kuning.

Selanjutnya pada pada Group 1 ini memiliki tingkat API (American Petroleum Institute) Categorry for Base Oil dengan tingkat sulfur mencapai 0,03 persen, Saturates mencapai kurang dari 90 persen dan Viscosity index mencapai 80-120.

2. Pelumas Group II

Pada pelumas group 2 memiliki bahan material mineral base oil yang ditambahkan dengan synthentic Blend base oil. Sehingga warnanya kuning menuju ke bening. Nah untuk pelumas Penzstar masih tergolong dalam Group II. Namun perbedaan terletak dengan penambahan bahan Hydrotreat dan superior protection additives.

(American Petroleum Institute) Categorry for Base Oil dengan tingkat sulfur kurang lebih 0,03 persen, Saturates mencapai kurang dari 90 persen dan memiliki Viscosity index mencapai 80-120.

3. Pelumas Group III

Pada pelumas Group III menggunakan bahan material Base oil yang memiliki High Viscosity Index (HVI), bahan Synthentic.

Dengan tingkat API (American Petroleum Institute) Categorry for Base Oil, sulfur mencapai sulfur 0,03 persen, dengan saturates 90 persen dan memiliki Viscosity index mencapai 120.

4. Group IV

Pada group IV base materialnya sudah menggunakan base oil, bahan sintetis, Polyalphaolefins (PAO). Dimana warna oli sudah menuju tingkat bening.

5. Group V

Sedangkan untuk tingkat terakhir atau Group V, itu mencangkaup semua bahan material Group I-IV.

Semua Group jelas tertampang dalam kemasan pelumas mesin, sehingga Otolovers tidak perlu khawatir untuk memilih pelumas terbaik apa untuk kendaraan kesayangan.

 

Sumber : detik.com

-